pendidikan pemilih untuk pelajar
Aplikasi Sistem Pencalonan Diuji Coba KPUD Bolmong
ilustrasi pilkada 2017

Bolmong, portalmongondow.com – KPUD Bolmong pada Pilkada 2017 mendatang, rencananya mulai akan menerapkan aplikasi berbasis Teknologi Informasi. Rencana tersebut dimaksudkan untuk memudahkan teknis pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati.

Berdasarkan instruksi KPU RI, melalui Surat Edaran bernomor 316/KPU/IV/2016, aplikasi Sistem Pencalonan (Silon) ini, bahkan sudah mulai diuji coba oleh KPUD Bolmong, Jum’at (17/06/2016), kemarin.

“Uji coba ini untuk memastikan operator dan aplikasinya sudah bisa dioperasikan,” ujar Komisioner KPUD, Divisi Teknis dan Hukum, Rully Halaa S.Sos.

Menurutnya, penggunaan aplikasi tersebut merupakan wujud keterbukaan dan akuntabilitas pada tahapan pencalonan nanti.

“Jadi, KPUD akan menggunakan aplikasi ini untuk pendaftaran bakal calon di Pilkada Bolmong tahun 2017,” tambahnya.

Selain itu, Halaa juga menjamin jika penggunaan aplikasi Silon tersebut nantinya akan menjamin keakuratan data yang pada gilirannya akan memudahkan proses pencalonan.

“Aplikasi ini mudah digunakan, akurat dan bisa diakses siapa saja karena ditayangkan di website KPU,” tandasnya.

Namun demikian, Ketua KPUD Bolmong, Fahmi Gobel, mengkonfirmasi, masih terdapat sejumlah kendala dalam uji coba yang dilakukan pihaknya. Kendala yang dirasa cukup berat yakni keterbatasan jaringan internet. Dirinya pun mengaku telah melaporkan hal itu ke KPU Provinsi.

“Sebelum masuk tahapan pencalonan, tentu semua perangkat sudah harus disiapkan. Dan Jum’at kemarin adalah jadwal untuk simulasi,” kata Gobel. (*/man)