Sadiq Khan (foto : bbc.co.uk)
Sadiq Khan (foto : bbc.co.uk)
Sadiq Khan (foto : bbc.co.uk)

Portalmongondow.com – Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Ibukota Kerajaan Inggris, London, akhirnya resmi dipimpin Walikota dari agama minoritas di Negara itu, yakni seorang Muslim, Sadiq Khan.

Dikutip vivanews.com dari USA Today, Sabtu (07/05/2016), Sadiq Khan berhasil memperoleh mayoritas suara dalam pemilihan putaran pertama, dengan angka 44,2 persen, mengalahkan pesaingnya, Zac Goldsmith dari partai Konservatif, dengan raihan hanya 35,6 persen suara.

Sementara pada putaran kedua, politisi berdarah Pakistan, berusia 45 tahun ini, semakin menegaskan kepercayaan masyarakat Ibukota Negeri Ratu Elizabeth, dengan perolehan lebih dari 50 persen suara, sebagaimana dikutip vivanews melalui laporan BBC.

Meski hanya berstatus anak seorang sopir bus, namun oleh Partai Buruh Inggris, Khan dipercayakan maju dalam pemilihan Walikota London.

Khan, yang mengawali karir sebagai pengacara Hak Asasi Manusia ini, berhasil menyingkirkan sejumlah kolega di Partai Buruh, diantaranya Tessa Jowell, Diane Abbott, David Lammy, Gareth Thomas, dan Christian Wolmar, dimana sebagian besar dari nama-nama tersebut merupakan anggota parlemen.

Usai diumumkan sebagai pemenang Pemilu, Khan mendapatkan berbagai ucapan selamat, termasuk oleh pemimpin Partai Buruh, Jeremy Corbyn, Perdana Menteri Inggris, Manuel Valls, serta Walikota New York, Bill de Blasio. (viva/iman)