Pemkot Kotamobagu Salurkan bibit Padi Skala Nasional
Ilustrasi
Pemkot Kotamobagu Salurkan bibit Padi Skala Nasional
Ilustrasi

Kotamobagu, Portalmongondow.com  – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu siap salurkan bibit padi skala nasional, melalui Dinas Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Peternakan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4K-KP). Demikian disampaikan Kepala Dinas, Hardi Mokodompit saat diwawancarai portalmongondow.com, Senin (30/05) siang, via telepon seluler.

“Bibit padi jenis Serayu akan dinonaktifkan, dan kami (DP4K-KP Kota Kotamobagu, Red.) lebih memilih bibit padi hibrida berskala nasionaluntuk disalurkan,” ucap Hardi.

Tetapi sebelum bibit padi hibrida tersebut disalurkan, dikatakan Hardi, pihaknya masih akan membuat kesepakatan dengan para petani.

“Sebab, jika bibit unggul yang berstandar nasional itu mulai disalurkan, maka pemerintah akan menghentikan penyaluran bibit jenis Serayu,” tambah Hardi.

Hardi menjelaskan, kesepakatan tersebut dinilai perlu dilakukan, karena sejauh ini para petani masih menggungulkan padi jenis Serayu, yang skalanya bukan merupakan bibit unggul secara nasional.

“Makanya, Kita berencana akan membuat sosialisasi dan kesepakatan untuk menyalurkan bibit jenis Hibrida ini kepada mereka (Petani, red),”ujar Hardi.

Dirinya pun berharap, Begitu bibit padi skala nasional tersebut siap disalurkan, dan segera digunakan para petani, maka produksi hasil pertanian di wilayah Kota Kotamobagu akan meningkat pesat.

“Prediksinya akan semakin meningkat. Karena menurut saya, bibit tersebut berasal dari pemerintah pusat. Jadi kualitasnya, baik kualitas hasil dan jumlah produksinya, tidak diragukan lagi” tandas Hardi. (iman)