penambahan dak
Kepala BPKD Kotamobagu, Rio Lombone
Kepala DPPKAD, Rio J Lombone
Kepala DPPKAD, Rio J Lombone

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu kembali menghadirkan program berbasis aplikasi online. Usai sukses dengan sejumlah program pengelolaan keuangan secara online, kali ini Pemkot berencana meluncurkan aplikasi pemantau kebersihan bernama Elektronic Bonok Report (e-Bonk).

Dikatakan Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daeah (DPPKAD), Rio Lombone, Rabu (11/05/2016), kemarin, dengan adanya aplikasi tersebut, nantinya warga Kotamobagu bisa berpartisipasi langsung dengan cara melaporkan jika mendapati tumpukan sampah yang mengganggu.

“Masyarakat bisa melaporkan langsung ke e-Bonk, sehingga bisa langsung ditindaklanjuti oleh petugas,” kata Lombone.

Cara kerja e-Bonk itu sendiri, yakni dengan memberi kode warna merah terhadap wilayah dimana terdapat sampat  yang belum tertangani.

“Walikota nantinya akan mengantongi maps yang bisa melihat kode merah di layar sebagai tanda adanya sampah yang belum tertangani. Jika sudah ditangani petugas, maka tanda merah tadi akan berubah menjadi biru,” jelasnya.

Menurut rencana, e-Bonk akan dilaunching tepat disaat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-9 Kota Kotamobagu, Senin 23 Mei 2016, dua pekan depan. (iman)