Rusak Akibat Bencana Alam, BPBD Kotamobagu Ajukan Anggaran Perbaikan Fasilitas Publik
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, saat meninjau salah satu titik rawan banjir
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, saat meninjau salah satu titik rawan banjir
Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, saat meninjau salah satu titik rawan banjir

Kotamobagu, portalmongondow.com – Hujan deras yang mengguyur Kota Kotamobagu sejak Senin (25/04/2016), sore kemarin, memicu terjadinya banjir bandang di sejumlah titik di Kotamobagu. Berdasarkan laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, terdapat sedikitnya Sembilan titik yang dianggap paling rawan banjir.

“Laporan yang kami terima, terdapat kurang lebih Sembilan titik yang mengalami banjir bandang atau banjir kiriman saat terjadi hujan deras kemarin,” ujar Kepala BPBD Kotamobagu, Ir Imran Amon, Selasa (26/04/2016), pagi tadi.

Kesembilan titik itu sendiri, tersebar merata di empat kecamatan yang ada di Kota Kotamobagu, diantaranya, Sungai di Desa Kobo Kecil, Sungai di Kelurahan Kotobangon, Jalan Siliwangi, Jalan Selektif Kelurahan Mogolaing, Jalan Veteran, sungai sepanjang jalur Matali hingga Molinow, sungai sepanjang Motoboi Kecil hingga Mongondow, Sungai Bansian, sungai Dayanan Lumoring, dan sungai yang melintasi kelurahan Tumubui.

Pihak BPBD hingga saat ini masih menginventarisir kerugian yang ditimbulkan akibat banjir tersebut, guna penanganan lebih lanjut.

“Akan kita lihat, apakah yang terjadi itu penanganannya sebatas tanggap darurat, ataukah nanti dibutuhkan tindakan rehabilitasi konstruksi pasca bencana,” tandasnya.

Sementara itu, warga di sejumlah titik rawan banjir yang ditemui Tim BPBD, mengaku jika air sungai yang mengalir sangat deras, sempat masuk hingga ke dalam rumah.

“Sekitar jam 5 sore kemarin, air yang masuk ke dalam rumah sudah hampir setengah meter. Untungnya barang-barang sudah kami amankan terlebih dahulu,” ujar Juanda Eyato, pria 38 tahun yang tinggal di bantaran sungai jalan Selektif, Kelurahan Mogolaing. (iman)