Pertemuan Perwakilan Keraton Jogja dengan salah satu Paguyuban Jawa di Kotamobagu, Selasa (19/04/2016), di ruang kerja Kepala DPPKAD Kotamobagu
Pertemuan Perwakilan Keraton Jogja dengan salah satu Paguyuban Jawa di Kotamobagu, Selasa (19/04/2016), di ruang kerja Kepala DPPKAD Kotamobagu
Pertemuan Perwakilan Keraton Jogja dengan salah satu Paguyuban Jawa di Kotamobagu, Selasa (19/04/2016), di ruang kerja Kepala DPPKAD Kotamobagu, Rio J Lombone

Kotamobagu, portalmongondow.com – Pemerintah Kota Kotamobagu, Selasa (19/04/2016), siang tadi, menerima kunjungan dari perwakilan Keraton Jogjakarta, Drs Akmal Malik.

Bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Rio J Lombone, perwakilan tersebut juga turut dijamu langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kotamobagu, Tahlis Gallang SIP, MM.

Kepala DPPKAD, Rio J Lombone, mengatakan, kedatangan perwakilan keraton dimaksudkan untuk menyerap aspirasi warga Jawa yang bermukim di Kotamobagu untuk kemudian dibawa ke Jogjakarta. Dimana pertemuan dengan salah satu Paguyuban Jawa, Morgo Rukun, yang terjadi hari ini, merupakan inisiatif pihaknya.

“Kebetulan perwakilan Keraton yang hadir merupakan pejabat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan mempunyai hubungan baik dengan kami. Sehingga, ketika kami mendapat informasi tentang maksud dan tujuan kedatangan Pak Akmal ke Kotamobagu, kami pun berinisiatif mempertemukan Beliau dengan Paguyuban Jawa yang ada disini,” terang Lombone.

Sementara Drs Akmal Malik, ketika diwawancarai usai pertemuan, mengatakan, pihak Keraton ke depan nanti akan menyerahkan sejumlah bantuan berupa alat-alat kesenian dan pakaian adat Jawa, kepada warga Jawa di Kotamobagu.

“Selain itu, kita juga akan mengupayakan agar bisa dilaksanakan pementasan kesenian Jawa di Bolaang Mongondow Raya, yang rencananya akan turut dihadiri langsung Sultan Hamengkubuwono,” imbuh Akmal.

Akmal sendiri, rencananya juga akan mengunjungi sejumlah daerah lainnya, termasuk Kabupaten Bolmong dan Kabupaten Boltim. (iman)