Sejumlah Legislator saat akan memasuki areal Hutan Kota
Sejumlah Legislator saat akan memasuki areal Hutan Kota
Sejumlah Legislator saat akan memasuki areal Hutan Kota

Kotamobagu, portalmongondow.com – Sejumlah Legislator DPRD Kotamobagu yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Walikota tahun 2015, Selasa (26/04/2016), kemarin, melanjutkan agenda peninjauan lapangan ke sejumlah lokasi berkaitan dengan mitra kerja Pemerintah Daerah, usai kegiatan yang sama sehari sebelumnya.

Diantara sejumlah lokasi yang menjadi sasaran peninjauan, salah satunya Hutan Kota Kotamobagu di Kelurahan Mongkonai, sebagai bagian dari evaluasi atas kinerja Dinas Pertanian, Perikanan, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (DP4K) Kotamobagu.

Dipimpin Ketua Pansus, Meidy Makalalag, para Legislator awalnya menyusuri jalanan terjal berbatu dengan mengendarai sejumlah mobil.

Tiba di lokasi yang hanya berjarak kurang lebih 100 meter dari pintu masuk dekat Terminal Bonawang, para Wakil Rakyat seakan dibuat takjub dengan keindahan yang disajikan ‘Paru-paru Kotamobagu’ tersebut.

Jembatan kecil di tengah Hutan Kota tempat para Legislator merenggangkan tubuh
Jembatan kecil di tengah Hutan Kota tempat para Legislator merenggangkan tubuh

Betapa tidak, hutan tersebut tak hanya menyuguhkan udara yang masih segar dan alami, namun juga pemandangan alam indah ditopang sejumlah fasilitas yang tertata rapi, seperti pondok-pondok kecil dan jalan setapak yang bisa digunakan menyusuri seluruh areal Hutan Kota.

“Pe bagus katu ini tampa (tempat ini ternyata sangat bagus),” ujar para Legislator dengan dialek lokal.

Wakil Ketua Pansus, Hi Agus Suprijanta, bahkan menyempatkan diri menyaksikan secara langsung sarang lebah buatan, hasil budidaya pengelola Hutan Kota.

Wakil Ketua Pansus, Hi Agus Suprijanta coba berinteraksi dengan sekawanan lebah
Wakil Ketua Pansus, Hi Agus Suprijanta, coba berinteraksi dengan sekawanan lebah

Tak hanya itu, kepada pihak DP4K, Suprijanta yang terlanjur dibuat takjub, kemudian menyarankan agar segera memasukkan usulan perluasan Hutan Kota yang saat ini hanya memiliki luas 4,3 hektar, ke pihak DPRD.

“Jadi Pak Kadis, nanti dimasukkan saja usulan penambahan luas 1 hektar. Nanti akan kami upayakan untuk ditindaklanjuti,” kata Suprijanta kepada Kepala DP4K, Ir Hardi Mokodompit. (iman)