tatong terima piala adipura
Piala Adipura (ilustrasi)
Piala Adipura (ilustrasi)
Piala Adipura (ilustrasi)

Kotamobagu, portalmongondow.com – Penilaian adipura di Kotamobagu saat ini telah memasuki tahapan verifikasi. Tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) pun dikabarkan telah berada di kota tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemkot Kotamobagu, Aljufri Ngandu, Jum’at (29/04/2016), mengatakan, tim verifikasi dalam melakukan penilaian, akan menerapkan pola baru yang tergolong sulit dan ketat.

Untuk itu, dirinya kemudian menghimbau kepada seluruh warga Kotamobagu untuk memperhatikan sejumlah aspek yang bisa berpengaruh terhadap proses penilaian adipura nantinya.

“Yang akan dinilai antara lain kebersihan drainase, jalan kota, taman, hutan serta pengelolaan sampah,” ujar Aljufri.

Dilanjutkan dirinya, sejumlah hal yang juga perlu diperhatikan, terutama saat musim penghujan seperti yang belakangan mengguyur calon Ibukota Provinsi Bolmong Raya, antara lain sampah yang ikut bersama luapan air drainase.

“Meski air meluap hingga ke badan jalan, yang terpenting jangan sampai ada sampah plastik yang ikut terbawa,” tambahnya.

Pun demikian dengan kondisi pepohonan dalam kota yang tak luput dari aspek penilaian.

“Yang sedikit mengkhawatirkan di musim penghujan seperti ini, adalah pohon tumbang. Kalau hanya dedaunan yang berserakan, itu tidak masalah juga, asal jangan sampai ada sampah plastik,” tandas Aljufri. (iman)